You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 27 April 2014

Bekerja Adalah Ibadah

Manusia diciptakan Allah swt sebagai makhluk paling sempurna di antara makhluk hidup yang lain. Manusia sebagai makhluk sosial yang diberi akal untuk melangsungkan hidupnya berkewajiban untuk bekerja. Bekerja di samping untuk memenuhi kebutuhan hidup, juga untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban kepada Allah yaitu untuk beribadah. Di dalam hadits disebutkan :
”Bekerjalah kamu untuk duniamu seolah-olah kamu akan hidup selama-lamanya dan bekerjalah kamu untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok.”
Penyuluh agama yang diberi tugas, tanggungjawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pembinaan agama dalam pembangunan kepada masyarakat melalui bahasa agama, sudah barang tentubekerja yang paling utama tujuannya adalah ibadah, walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa banyak orang yang statusnya bukan sebagai seorang penyuluh agama juga menganggap bekerja sebagai ibadah.
Di antara keutamaan bekerja dalam Islam adalah :
  1. Orang yang ikhlas bekerja akan mendapat ampunan dari Allah swt.Untuk mecapai atau mendapat ampunan dari Allah swt, kita sebagai manusia dalam melakukan suatu pekerjaan yang utama diniatkan adalah keikhlasan. Apalagi bagi seorang penyuluh agama tugasnya kadang-kadang tidak tentu waktunya akan tetapi kalaku diniatkan dengan ikhlas, isnya Allah akan mendapat ampunan dari Allah.
  2. Orang yang ikhlas bekerja akan diampuni satu dosa yang tidak dapat diampuni suatu yang tidak dapat diampuni dengan shalat, puasa, zakat, haji dan umrah.Di sini menggambarkan bahwa demikian besar arti keikhlasan seseorang di hadapan Allah dalam melakukan suatu pekerjaan sehingga apabila seseorang di dalam melakukan suatu pekerjaan dilakukan dengan benar-benar ikhlas akan mendapatkan pahala yang berupa ampunan dosa yang tidak dapat diampuni dengan shalat, puasa, zakat, haji dan umrah.
  3. Akan mendapat cinta dari Allah.Yang dimaksud cinta dari Allah di sini bahwa setelah kita melakukan atau bekerja dengan ikhlas maka kita akan dicintai oleh Allah yaitu berupa rizki yang kadang-kadang tidak terduga, senantiasa mendapat petunjuk atau jalan keluar apabila kita dalam kesulitan.
  4. Akan terhindar dari azab neraka. Sudah barang tentu jika kita selalu ikhlas dalam bekerja didasarkan untuk mencari rdho Allah. Selanjutnya setelah kita niatkan bekerja dengan ikhlas, maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam rangka mencari mata pencaharian yang baik yaitu :
a.    Jangan mengakhirkan kewajiban kepada Allah
b.    Jangan menyakiti hati seseorang
c.    Jangan sekali-kali bertujuan untuk menumpuk harta melainkan hanya untuk mencukupi kebutuhan
d.   Jangan berlebihan dalam mencari harta benda
e.    Jangan menganggap bahwa rizki yang kita dapat semata-mata karena diri kita sendiri melainkan rizki dating dari Allah swt.

Delapan filosofi kerja :
1.    Kerja itu rahmat
Kerja adalah terima kasihku, aku harus bekerja tulus
2.    Kerja itu amanah
Kerja adalah tanggungjawabku, aku harus bekerja tuntas
3.    Kerja itu suci
Kerja adalah panggilanku, aku harus bekerja benar
4.    Kerja itu Sehat
Kerja adalah aktualisasiku, aku harus bekerja keras
5.    Kerja itu Seni
Kerja adalah kesukaanku, aku harus kreatif
6.    Kerja itu ibadah
Kerja adalah pengabdianku, aku harus bekerja serius
7.    Kerja itu mulia
Kerja adalah pelayananku, aku harus bekerja sempurna
8.    Kerja itu kehormatan
Kerja adalah kewajibanku, aku harus bekerja unggul.

Arini Nurhayati, S.Ag.  
Penyuluh Agama Fungsional Kota Yogyakarta
Wilayah Kerja Kecamatan Kraton

0 komentar:

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP