You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 27 Oktober 2016

Umrah itu wajib atau sunnah

“Umrah itu hukumnya wajib atau sunnah”. Pernyataan ini kadang menggelitik dan mungkin muncul ditujukan kepada para Penyuluh Agama Islam yang sedang  melaksanakan tugasnya di lapangan. Tulisan ini disarikan dari kitab Said ibnu Abdil Qadir Basyanfar dengan judul asli Al Mughni fi Fiqh al Haj wa al Umroh dan sudah diterjemahkan oleh KH Yusuf Muhammad, SQ, Cetakan September 2003 dengan Penerbit Media Cendekia Bandung.
Selengkapnya...

Read more...

Insan Kamil

Impian setiap manusia selalu ingin berlomba-lomba untuk menjadi insan sejati, manusia sempurna atau dalam terminologi Islam disebut insan kamil. Tentu tidak ada larangan untuk bermimpi seperti itu, pada hakikatnya Tuhan pun menyuruh hamba-Nya untuk menjadi manusia sempurna. Masalahnya  adalah bagaimana upaya kita untuk menjadi insan kamil. Apakah hal itu merupakan harapan yang kosong?  Kita harus berani tegas menjawab ‘tidak’.

Selengkapnya...

Read more...

Selasa, 25 Oktober 2016

Menjaga Amanah

“Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat  kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh “ (QS. Al Ahzab : 72)
 Amanah ditinjau dari segi bahasa, berasal dari kata amina-amanatan  yang berarti jujur atau dapat dipercaya. Amanah ditinjau dari istilah  berarti  sesuatu yang harus dipelihara dan dijaga agar sampai pada yang berhak memilikinya (Ahmad Musthafa Al-Maraghi). Sedangkan menurut Ibn Al-Araby, amanah adalah segala sesuatu yang diambil dengan izin pemiliknya atau sesuatu yang diambil dengan izin pemiliknya untuk diambil manfaatnya. Dengan kata lain, amanah adalah  menyampaikan hak apa saja kepada pemiliknya, tidak mengambil sesuatu melebihi haknya dan tidak mengurangi hak orang lain, baik berupa harga maupun jasa.
Selengkapnya...

Read more...

Senin, 24 Oktober 2016

Ikhlas dan perusaknya


Satu kata yang misteri, mudah diucapkan tetapi sulitnya luar biasa untuk diterapkan, yaitu ikhlas. Dalam kehidupan sehari-hari, hampir dipastikan bahwa  semua orang akan selalu berhadapan dengan kata ikhlas. Apalagi, di kalangan Penyuluh Agama Islam,  ketika  melakukan bimbingan dan penyuluhan, biasanya tidak pernah ketinggalan dengan kata ikhlas ini.

Ikhlas merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan suatu amalan ibadah diterima Allah Ta'ala. Ikhlas adalah memurnikan ibadah atau amal shalih hanya untuk Allah dengan mengharap pahala dari-Nya semata. Jadi dalam beramal kita hanya mengharap balasan dari Allah, tidak dari manusia atau makhluk-makhluk yang lain.

Selengkapnya...

Read more...

Adzan Ditinjau dari Segi Ekonomi Islam

Setiap agama memiliki cara tersendiri untuk menyeru umatnya melakukan peribadatan. Ada yang menggunakan lonceng seperti agama Kristen, meniup terompet seperti agama Yahudi, atau menyalakan api seperti penganut Zoroaster. Di sisi lain, Islam menyeru umatnya dengan panggilan azan.
Secara bahasa, azan berarti ‘pemberitahuan atau seruan (al-i’lam wa an-nida). Selama ini azan hanya dipahami sebatas seruan pertanda masuknya waktu salat, khususnya salat wajib lima kali sehari semalam. Seruan salat memang dilantunkan pada bagian keempat kalimat azan, hayya ‘ala as-salat (Marilah salat!).

Selengkapnya...

Read more...

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP