You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 23 Juni 2014

Puasa Membawa Nikmat

"Makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan."  (QS. Al A’raaf, 7: 31)"Perut itu adalah rumah penyakit, sedang berpantang itu adalah pangkal segala obat"  (Hadits Nabi)


Tiap orang Islam dewasa yang sehat wajib menjalankan puasa Ramadhan. Sebab berpuasa itu, selain menetapi kewajiban (ibadah) kepada Allah (QS. Al Baqarah: 183), juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi  tubuh kita. Yaitu, bahwa puasa itu akan memberikan kenikmatan bagi tubuh kita. Beberapa kenikmatan puasa, antara lain :
Selengkapnya...

Read more...

Jumat, 06 Juni 2014

Altruisme

Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya. (QS. Al Baqarah : 207)

Hadits yang mulia banyak meriwayatkan kesanggupan sahabat terhadap keutamaan menolong sesamanya terutama yang sedang ditimpa kesulitan hidup.

Betapa tidak tersentuh sanubari kita, seseorang yang dalam keadaan sangat membutuhkan sesuatu, namun ketika melihat orang lain juga membutuhakannya, ia rela memberikannya.
Selengkapnya...

Read more...

Selasa, 03 Juni 2014

Islam dan Kebersihan

    ”Kebersihan merupakan setengah iman”.  Imbauan ini sering kita temui di tempat-tempat umum seperti terminal, WC umum, bahkan di tempat wudhu masjid. Kebersihan merupakan kebutuhan dasar manusia dan makhluk lainnya. Misalnya, ayam berusaha membersihkan tubuh dengan cara berguling di debu atau tanah dan kucing menjaga kebersihan tubuh dengan cara menjilatnya.
Demikian juga kita dan manusia pada umumnya sebagai makhluk yang dikaruniai akal berusaha membersihkan badan berbeda dengan makhluk lainnya. Kita membersihkan badan menggunakan air. Belum cukup dengan itu, kita juga  menggunakan alat lain untuk menjadikan tubuh wangi, seperti dedaunan dan sekarang ini  berkembang menggunakan sabun.
Selengkapnya...

Read more...

Amal Utama

Dalam sejarah Islam, beramal shalih merupakan salah satu misi hidup terpenting. Setiap muslim dituntut untuk mengisi hari-harinya dengan memperbanyak amal shalih, disamping tentunya dilandasi dengan iman yang kuat. Dengan demikian maka hidup akan bermakna, terhindar dari kerugian dan kesia-siaan.
Istilah amal shalih sesungguhnya mengandung makna yang sangat luas. Setiap ibadah yang diperintahkan atau dianjurkan serta perbuatan baik yang tidak bertentangan dengan aturan atau nilai-nilai agama termasuk kategori amal shalih. Meskipun spektrum amal shalih sedemikian luas sehingga memungkinkan untuk memilih dan berkreasi, namun ada amal-amal yang mendapatkan prioritas untuk dilaksanakan. Dalam beberapa hadits terdapat istilah “amal paling utama” (afdhalul a’maal), “amal paling dicintai” (ahabbul a’maal) dan lain-lain yang mengindikasikan adanya skala prioritas dalam beramal. Pelaksanaan amal shalih perlu diselaraskan dengan skala prioritas tersebut agar amal menjadi lebih efektif dan efisien.
Selengkapnya...

Read more...

Daun Pintu Surga

SURGA, tempat yang indah nan luas memiliki delapan pintu. Setiap pintu diperuntukkan bagi sekelompok orang dengan kriteria tertentu pula. Misalnya, orang yang rajin puasa, maka dia akan masuk ke dalam surga melalui pintu Ar-Rayan. Orang yang rajin shalat akan masuk dari pintu yang lain dan begitu pula pintu-pintu lain akan dimasuki oleh orang yang memiliki kesesuaian dengan amalnya masing-masing. Ada juga orang-orang tertentu yang diberi kebebasan untuk memasuki surga melalui pintu mana saja yang diinginkan, seperti Abu Bakar ash-Shidiq.
Kedelapan pintu surga menggambarkan betapa luasnya surga itu. Bayangkan bila jarak antara dua sisi pintu itu sejauh Mekah dan Bashrah. Mekah berada di wilayah Negara Saudi Arabia, sedangkan Bashrah masuk dalam wilayah kekuasaan Negara Iraq.
Selengkapnya...

Read more...

Manajemen Waktu

Waktu yang berputar selama 24 jam sehari terasa begitu cepat. Berjalannya waktu dari detik ke detik, menit ke menit, dan jam ke jam kadang tak terasakan sehingga kita hidup terasa dikejar waktu. Kadang kita bertanya pada diri sendiri, apa yang telah kita peroleh dengan usia  kita saat ini? Apabila kita tidak bisa memanfaatkan waktu dalam hidup, maka akan sangat merugi. Hal ini telah ditegaskan Allah dalam surat Al ’Ashr: ”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian”
Ini berarti sangatlah jelas bahwa waktu adalah benar-benar penting dalam hidup kita. Jelas betapa agung dan mulianya waktu, sehingga Allah SWT sendiri berkenan ”bersumpah” dengannya. Sedangkan waktu yang dimaksud di sini adalah waktu yang didalamnya sarat dengana keberuntungan dan kebahagiaan bagi orang-orang yang bertaqwa. Tidak ada yang lebih berharga selain waktu bahkan dunia seisinya sekalipun. Karena itu, bagaimana kita dapat mengatur dan memanfaatkan waktu tersebut dalam hidup kita di dunia untuk meraih kenikmatan dan kebeerhasilan hdup di Akhirat kelak.
Selengkapnya...

Read more...

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP